7 Tips Blog dan Website Bisnis Yang Baik

Posted by Anonymous | Friday, February 11, 2011 3:59 AM

Memiliki sebuah website/blog bisnis di dunia bisnis online internet adalah bagaikan nyawanya dari bisnis online tersebut. Website atau blog dengan tujuan bisnis di internet hendaknya memiliki beberapa kriteria yang baik. Berikut adalah tips blog/website bisnis yang baik menurut pengamatan saya adalah sbb:


1. Konten Yang Menarik

Hal utama dari sebuah website/blog adalah konten. Ingat pengunjung datang ke website kita adalah untuk mencari informasi, maka hendaknya sajikan content yang menarik agar pengunjung sering-sering mengunjungi website kita, karena konten adalah raja

2. Desain Menarik

Desain menarik disini menurut saya tidak harus website tersebut sebagus website portal dengan flash sana-sini. Tetapi bagaimana membuat website yang walaupun desainnya simple dan sederhana, namun terlihat menarik dengan fitur dan navigasi yang tidak membingungkan pengunjung. Tidak sedikit website yang tampilannya sederhana memiliki jumlah kunjungan yang tinggi.

3. Loading Cepat dan Ringan

Jangan sepelekan masalah yang satu ini. Loading website cepat membuat pengunjung dengan cepat mengakses website kita. Bayangkan saja jika loading blog anda super lemot dan berat, yang terjadi malah pengunjung segera menutup tab broser karena kelamaan menunggu. Tips untuk mempercepat loading misalnya dengan mengurangi pemakaian javascript dan flash yang berat, atau dengan mengkonvert CSS sehingga size nya lebih kecil dan ringan. Anda bisa mengkonvert CSS secara online melalui cssdrive.com

4. Iklan Yang Proporsional

Menempatkan beberapa buah iklan pada sebuah website hendaknya tidak melebihi dari isi/konten. Jangan membuat pengunjung menilai bahwa website anda hanya website iklan. Hal ini akan membuat pengunjung jenuh dan meninggalkan website anda.

5. Pelayanan Yang Baik dan Atraktif

Apapun bisnis anda, pelayanan adalah bentuk perhatian anda kepada konsumen. Dalam hal ini adalah pengunjung blog anda. Pelayanan dapat dilakukan dengan cara membalas setiap setiap email yang masuk ataupun membalas komentar dan pertanyaan pengunjung di blog anda.

6. Sering Di Update

Blog anda harus rajin di update. Jangan sampai pengunjung yang haus akan informasi dari anda merasa bosan dengan isi dari blog yang hanya itu-itu saja tidak ada perkembangan. Pengunjung yang datang kembali adalah pengunjung yang menantikan informasi terbaru dari anda.

7. Memuat Isi yang banyak dicari

Buatlah konten yang paling banyak dicari oleh orang, namun dengan tingkat persaingan yang sedikit. Dengan begitu website anda akan banyak dicari dan peluang untuk menduduki peringkat atas hasil pencarian search engine menjadi lebih besar karena saingannya sedikit, hehe

Itulah 7 Tips membuat website atau blog bisnis yang berhasil saya rangkum dari hasil pengamatan saya selama ini. Mudah-mudahan dapat memberikan inspirasi bagi anda dalam belajar bisnis internet.

Bagaimana teman-teman ada tambahan?

RSS feed for comments on this post.

Leave a comment