Formula Bisnis Online Yang Ampuh Dan Tidak Menyesatkan

Posted by Anonymous | Sunday, February 13, 2011 12:28 PM

Formula Bisnis memang sangat diperlukan dalam melakukan yang namanya bisnis online, eh salah bukan hanya bisnis online, tapi bisnis offline juga. Tanpa sebuah formula maka segala sesuatu akan menjadi amburadul. Tapi ngomng-ngomong apakah anda sudah tahu apa itu artinya formula? kalau belum maka silahkan anda buka kamus dulu hehe.. Formula kalau secara gapang bisa diartikan sebagai rumusan atau resep. Yang namanya resep tentu ada komposisi dan ada urutan langkahnya. Coba saja anda bandingkan dengen resep masakan, pasti ada komposisi bumbu dan ada juga urutan masaknya, iya kan?



Nah kali ini membahas formula bisnis yang ampuh, tapi tentu saja harus ada tambahannya yaitu tidak menyesatkan. Dibawah ini adalah resep paling dasar atau bumbunya:

1. Merumuskan tujuan
Tanpa tujuan maka langkah anda akan tanpa arah. Kalau misalnya anda minta pada seorang tukang ojek untuk mengantarkan anda, dan tukang ojek bertanya mau diantar kemana terus anda bilang tidak tahu, maka tukang ojeknya pasti bingung, bahkan bisa menyangka anda gila.
2. Gunakan Logika
Ini yang paling penting. Gunakan logika sehat, jangan mudah terbujuk dengan iming-iming penghasilan jutaan, ingatlah bahwa didunia ini tidak ada yang sangat mudah, semua butuh perjuangan. Bagi yang saat ini merintis bisnis online, maka pasti tahu rasanya bagaimana susahnya mendapat sedikit saja penghasilan dari internet, bahkan saat benar-benar baru dulu, saya mendapatkan Rp 1000,- saja perhari susahnya minta ampun.
3. Belajar pada orang yang tepat
Belajar pada orang disini bisa juga diartikan belajar pada blog orang, bukan belajar secara pribadi. Pastikan orang tempat anda belajar itu mampu menunjukkan bukti nyata dan masuk akal tentang formula bisnis-nya. Hati-hati jika anda belajar pada orang yang sebelum mengajari anda sudah meminta bayaran dari anda. Logikanya, kalau memang guru itu sudah berhasil bisnis online, kenapa masih saja minta anda bayar. Meskipun tidak mutlak begini, tapi awas jika uang yang dimintanya dalam jumlah yang besar. Kalau anda mengalami hal begini, maka bisa dipastikan bahwa guru tersebut bisa sukses dalam bisnis online dengan formula yang dilakukannya pada anda. Artinya anda hanya akan mendapat ilmu seperti bagaimana dia mendapat uang dari anda itu tadi. Dan ini sangat "berbahaya". Masih banyak jalur bisnis online yang lebih bersih dari itu.
4. Belajar sendiri dari pengalaman
Belajar dari orang lain bisa anda jadikan referensi, tapi guru anda terbaik nantinya adalah pengalaman anda sendiri. Baik pengalaman gagal maupun pengalaman berhasil. Dari pengalaman inilah anda akan dapat menyusun sendiri formula bisnis anda yang cocok untuk anda gunakan.
5. Tidak mudah menyerah
Bisnis online memang manis jika berhasil, tapi pahit sekali jika gagal. Kalau anda orang yang mudah putus asa karena sebuah kegagalan, maka saya sarankan anda untuk mempercepat proses kematian anda, karena didunia seorang pecundang sejati tidak mendapat tempat. Jangankan di bisnis online, dalam bidang apapun anda pasti gagal jika sedikit-sedikit sudah menyerah.
6. Menemukan ide cerdas
Ini adalah penyempurna belajar dari pengalaman diatas. Dari kesalahan yang telah dilakukan anda akan dapat menyusun formula bisnis baru untuk menutup kekurangan dan meningkatkan penghasilan anda.
7. Stop Dreaming Start Action
Percuma anda tahu semua formula bisnis dasar diatas jika kemudian anda hanya manggut-manggut membenarkan kemudian lupa dan bermimpi kembali. Jika ditanya kenapa tidak memulai lalu hanya beralasan membenarkan diri. Jika anda tidak mulai sekarang, maka nanti anda akan melongo melihat para pemula yang saat ini masih dibawah anda sudah ada diatas. Saat itu dijamin akan semakin membuat anda "down".

Nah diatas itulah formula bisnis yang paling ampuh. Jadi anda sebenarnya tidak perlu keluar modal banyak hanya untuk mendapatkan sebuah formula dalam melakukan bisnis online. Karena anda akan mampu menciptakannya sendiri nanti setelah anda cukup belajar.

OK semoga tips diatas akan membantu yang saat ini pusing bagaimana harus memulai bisnis online, karena mungkin anda belum merumuskan formula bisnis yang no 1 diatas. Good luck!

RSS feed for comments on this post.

Leave a comment