Jenis Teori Pembelajaran dalam Kontekstual

Posted by Anonymous | Friday, February 18, 2011 7:03 AM

Ada Beberapa teori yang berkaitan dengan metode Contextual Teaching and Learning.
Sebagai Berikut :

  • Knowledge – Based Constructivism 
          Teori ini beranggapan bahwa belajar bukan menghapal, melainkan mengalami, di mana peserta didik dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuannya, melalui partisipasi aktif secara inovatif dalam proses pembelajaran.
  • Effort – Based Learning / Incremental Theory

Teori ini beranggapan bahwa bekerja keras untuk mencapai tujuan belajar akan mendorong pesertadidik memiliki komitmen terhadap belajar.

  • Socialization

Teori ini beranggapan bahwa belajar merupakan proses sosial yang menentukan terhadap tujuan belajar. Oleh karena itu, faktor sosial dan budaya merupakan bagian dari sistem pembelajaran

  • Situated Learning

Teori ini beranggapan bahwa pengetahuan dan pembelajaran harus situasional, baik dalam konteks secara fisik maupun konteks sosial dalam rangka mencapai tujuan belajar.

  • Distributed Learning

Teori ini beranggapan bahwa manusia merupakan bagian integral dari proses pembelajaran, yang didalamnya harus ada terjadinya proses sebagai pengetahuan dan bermacam – macam tugas.

RSS feed for comments on this post.

Leave a comment